Arena

Hadapi Pra PON, Perbasasi Sultra Gelar Pelatda di Kendari

KENDARI, BKK – Menghadapi prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional ( pra PON) pada Juni 2019, Pengurus Provinsi (Pengprov) Perserikatan Baseball dan Sofbol Amatir Indonesia (Perbasasi) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar pemusatan latihan daerah (Pelatda).

Ketua Pengprov Perbasasi Sultra Pahri Yamsul mengatakan, Pelatda Tim Softball Sultra menghadapi Pra PON ini akan dipusatkan di Kota Kendari dan akan mulai dilaksanakan 15 Maret hingga awal Juni 2019.

Menurutnya, pelatda ini dilakukan untuk menyeleksi atlet sofbol yang akan diturunkan memperkuat  Sultra pada ajang praPON nanti.

Sebelum dilakukan pelatda, kata Pahri, pihaknya memanggil 40 pesofbol  Sultra, yang terdiri dari 21 atlet putra dan 19 putri. Dari 21 permain putra,  4 di antaranya berhasil meraih medali emas PON XIX lalu di Jawa Barat  (Jabar).

“Untuk tim putra kita masih akan diperkuat oleh empat pemain yang masuk dalam tim peraih medali emas PON XIX lalu. Keempat atlet tersebut, yakni Muhammad Rizaldhy, Lucky Fidel, M Abariansyah Tri Saputra dan Malikul Mulqi Kentanadaku. Sedangkan, untuk tim sofbol putri akan diperkuat oleh Wa Ode Siti Saputriani yang pernah memperkuat Indonesia pada Asian Games lalu,” terangnya.

Masih kata Pahri,  pelatih yang akan menangani Tim Sofbol Sultra itu,  pihaknya masih percayakan pelatih asal Filipina yaitu Apolonio Rosales dan didampingi  pelatih lokal Sultra.

“Pelatda yang kurang lebih 3 bulan ini akan kita maksimalkan untuk meningkatkan kualitas Tim Sofbol Sultra yang akan berlaga di pra PON. Sebab, di ajang tersebut, kita akan menghadapi tim-tim sofbol dari provinsi lain yang memiliki kualitas tandingnya sangat baik seperti tim sofbol Jawa Barat dan DKI Jakarta,” jelasnya.

Namun, lanjut dia, pihaknya optimis  Tim Sofbol Sultra bakal mampu menyaingi pesofbol dari provinsi lain. Tetapi, harus dibarengi dengan kerja keras dan kekompak para tim saat tanding.

“Jadi, di pra PON tersebut, kita menargetkan Tim Sofbol Sultra mampu merebut tiket lolos melaju   PON XX di Papua 2020,” pungkasnya. (cr2/nur)

To Top