Beranda

Besok, UHO Kendari Gelar SBMPTN

Dr La Hamimu. (FOTO:SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari akan menggelar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) berbasis komputer, Rabu (13/3).  Pihak panitia telah menyiapkan 1.555 unit komputer.

Ketua Panitia SBMPTN UHO Kendari Dr La Hamimu mengatakan, ujian tulis berbasis komputer (UTBK), hingga pada Senin (11/3), pendaftar untuk mengikuti ujian, baru berjumlah 1.921 orang. Sebanyak 1.238 orang memilih kelompok sains dan teknologi (saintek) dan 683 orang memilih kelompok sosial humaniora (soshum).

Matei tes untuk mereka yaitu tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompeten akademik (TKA).

Kemudian, 1.165 orang yang memilih jalur reguler dan 756 pendaftar yang memilih jalur bidik misi.

“Kami berharap, agar calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di UHO melalui jalur SBMPTN UHO, agar secepatnya melakukan pendaftaran UTBK,” ujar Hamimu, Senin (11/3).

Hal ini, sambung dia, mengingat kuota yang disediakan terbatas dan langsung terinput melalui sitem.

Hamimu menjelaskan, pendaftar yang sudah mengikuti UTBK tidak diwajibkan untuk mengikuti SBMPTN. Tetapi, yang mengikuti SBMPTN nantinya harus mengantongi nilai UTBK karena SBMPTN mempersyaratkan UTBK.

Selain itu, kata dia, berdasarkan instruksi dari kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi bahwa nilai hasil UTBK tersebut bisa juga digunakan untuk seleksi di perguruan tinggi swasta (PTS) agar  tidak lagi mengikuti tes.

“Tes ini mengukur pengetahuan materi yang diajarkan di sekolah dan yang diperlukan untuk berhasil di pendidikan tinggi,” terangnya.

Hamimu bilang, pendaftar dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali. Tujuannya, menjaring mahasiswa yang berkualitas.

“Hasil UTBK tersebut dapat dijadikan nilai acuan bagi PTN yang dituju. Nilai tertingginya dapat digunakan untuk mendaftar program studi yang diinginkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hamimu mengungkapkan, UHO melakukan UTBK secara mandiri. Artinya, tak lagi menggunakan fasilitas di luar dari UHO. (cr1/man)

To Top