Pendidikan

Mahasiswa Bidik Misi FP dan FPIK Inginkan UHO Jadi Green Campus

Suasana foto bersama seusai mengumpulkan ratusan sampah yang bertebaran di UHO, Minggu (17/2). (FOTO : SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak 500 mahasiswa bidik misi dari Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO), berkeinginan menciptakan kampus bebas dari sampah melalui aksi bersih-bersih yang bertajuk Green Campus.

Kegiatan tersebut diinisiasi Forum Komunikasi Mahasiswa Bidik Misi (Forkopmabi), Minggu (17/2).

Wakil Dekan III FP, Laode Afa mengatakan, kegiatan ini sebenarnya sudah lama digagas oleh mahasiswa bidik misi, sebagai salah satu bentuk kontribusinya kepada negara. Dalam hal ini mewujudkan campus yang hijau dalam mencapai peringkat dan pemeliharaan lingkungan yang paling baik.

Sehingga, kata dia, kedepannya ini akan menjadi agenda rutinitas mingguan. Aksi bersih-bersihnya, pinta dia, tidak saja dilakukan di wilayah kampus, melainkan di wilayah-wilayah luar kampus yang sampahnya terbilang banyak.

“Misal, pembersihan drainase di perumahan dosen (perdos), hingga penanaman pohon di pinggir sungai. Tujuannya adalah untuk mengurangi luapan air yang biasanya menggenangi wilayah tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting untuk dilakukan, karena seperti dilatehaui bersama saat ini Kota Kendari rawan akan banjir yang disebabkan mengurangnya pohon-pohon yang berfungsi untuk menyerap air.

“Makanya, penanaman kembali pohon-pohon disekitaran sungai merupakan langkah yang strategis, mencegah terjadinya erosi,” bebernya.

Sementara itu, salah satu Pembina Bidik Misi FP UHO Laode Huli menuturkan, dirinya sangat berharap aksi tersebut tidak saja dilakukan mahasiswa bidik misi FP dan FPIK saja, tetapi kiranya bisa dilakukan seluruh mahasiswa bidik misi UHO.

“Jika seluruh mahasiswa bidik misi UHO bisa melakukan aksi serupa, maka kedepan UHO akan menjadi green campus ternama di Sulawesi Tenggara (Sultra),” pungkasnya.  (cr1/r2)

.

ARSIP

Copyright © 2019

To Top