Lingkar Sultra

Giliran Wawonii Tengah Dapat Bantuan Bedah Rumah Kementerian PUPR

Danyal MPd

LANGARA, BKK – Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang dianggarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2018 lalu di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), sukses dilaksanakan di Kecamatan Wawonii Selatan dan Wawonii Utara. Kini giliran Kecamatan Wawonii Tengah (Wateng) yang keciprat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut.

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat Konkep, Danyal MPd, mengatakan bahwa tahun ini sebanyak 150 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kecamatan Wateng akan segera dibedah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp2,7 miliar.

“150 unit bantuan bedah rumah ini tersebar di lima desa di Kecamatan Wawonii Tengah yaitu Desa Lampeapi Baru, Desa Rawa Indah, Desa Pu’u Ra’u, Desa Pesue, dan Kelurahan Lampeapi. Anggarannya Rp2,7 miliar dari Kementerian PUPR,” sebut Danyal ditemui, Kamis (14/2).

Mantan Kadis Pendidikan Konkep tersebut mengungkapkan, meskipun sudah ditetapkan desa dan jumlah rumah yang akan dibedah, namun calon penerima bantuan bedah rumah tersebut belum dipastikan karena belum dilakukan survei oleh tim yang dibentuk pihaknya.

“Kami akan ke kementerian PUPR untuk meminta juknis (petunjuk teknis) terkait bedah rumah ini. Setelah itu tim Kami akan menyurvei calon penerima yang layak rumahnya untuk dibedah,” terangnya.

Setelah survei dilakukan, tambahnya, pembangunan rumah baru mulai dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing warga penerima bantuan.

“Karena anggarannya hanya 15 juta per KK (kepala keluarga), Rp2,5 juta untuk ongkos kerja, sisanya untuk bahan bangunan yang dibutuhkan. Kalau masih kurang itu yang akan diswadayakan,” jelasnya. (r4/nur)

.

ARSIP

Copyright © 2019

To Top