Beranda

Promosikan UMK di Asia, Mahasiswa Tampilkan 2 Tarian Sultra

Mahasiswa UMK saat menampilkan salah satu tarian tradisional asal Sultra. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK – Sebagai upaya mempromosikan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) di mata Asia, mahasiswa menampilkan 2 tarian asal Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kegiatan Melayu Day ke-6 di Taman Gajah Putih Provinsi Yala Thailand. Adalah tarian lulo dan mondotambe.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 8-10 Februari 2019, diiikuti 3 negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tahun ini negeri Gajah Putih menjadi tuan rumah.

Sekretaris Rektor UMK Ahmad mengatakan, Minggu (10/2), UMK sebagai salah satu kampus perwakilan Indonesia yang diutus perguruan tinggi muhammadiyah (PTM). 3 kampus lainnya, sebut dia, Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Dijelaskan, kegiatan Melayu Day ke-6 ini merupakan suatu kesempatan atau momen yang baik untuk dimanfaatkan, terutama dalam rangka mempromosikan UMK. Di samping mempromosikan seni dan budaya Melayu Indonesia.

“Kegiatan ini diinisiasi Thailand yang mengundang Konsulat Republik Indonesia (RI) di Songkhla Thailand,” bebernya.

Ahmad menambahkan, UMK mengutus 6 orang mahasiswa dan satu orang dosen untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dan, UMK berkesempatan menampilkan 2 tarian Sultra, khususnya tarian tradisional Suku Tolaki, yakni lulo dan mondotambe.

“Semoga ke depannya UMK sendiri semakin dikenal lagi tidak hanya di dalam negeri melainkan di luar negeri. Sehingga, berdampak kepada peningkatan kualitas dan kuantitas UMK,” ucapnya.

Mahasiswa UMK yang terlibat dalam kegiatan Melayu Day, Akbar Fitrahyanto mengaku, bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan besar tersebut.

“Kegiatan ini sangat luar biasa bisa menghadirkan budaya dari beberapa negara,” pungkasnya. (cr1/man)

To Top