Pendidikan

Matangkan Kecerdasan Siswa, MAN IC Kendari Terapkan Salat Duha Berjemaah

Para siswa MAN IC Kendari usai melaksanakan salat duha berjemaah.

KENDARI, BKK-  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari menerapkan program salat duha berjemaah. Ini untuk lebih memtangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa.

Wakil Kepala Keasramaan MAN IC Kendari Badrul Kamal mengatakan, program tersebut sudah menjadi program bulanan pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS). Program salat duha berjemaah ini dilakukan sekali dalam sebulan.

“Siswa MAN IC Kendari, setiap hari melaksanakan salat sunah duha secara individu di waktu istrahat. Karena memang konsepnya adalah penyeimbangan kecerdasan intelektual dan spiritual,” terangnya.

Badrul menambahkan, di samping kecerdasan intelektual dan spiritual, yang tidak kalah penting juga kepada para siswa adalah kecerdasan emosional.

“Kecerdasan emosional biasanya lebih banyak dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual, walaupun tidak secara otomatis. Karena, memang 2 kecerdasan ini harus diliki siswa sebagai calon pemimpin masa depan,” ujarnya.

Badrul bilang, ketika mereka menjadi pemimpin, kecerdasan emosional yang menjadi faktor paling dominan dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinan.

“Semua kecerdasan tersebut harus menjadi satu kesatuan pada diri seorang calon pemimpin masa depan dan itu sudah menjadi visi dan misi MAN IC Kendari,” pungkasnya. (cr1/man)

To Top