Lingkar Sultra

Duta STQ Konkep tak Diizinkan Bertanding di Daerah Lain

Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi menyerahkan piala bergilir STQ Konkep kepada Camat Wawonii Tengah, Basran Mustari di Aula Lingkaran Hati Emas Pemkab Konkep, Sabtu (9/2) malam.

LANGARA, BKK – Peserta juara Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-3 tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), dipastikan akan ikut berlomba di ajang STQ tingkat  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang rencananya akan digelar di Kota Kendari Maret mendatang.

Kini, pemerintah setempat berupaya memantapkan persiapan peserta yang akan mewakili Konkep di tingkat provinsi tersebut. Duta STQ itu pun tidak diizinkan untuk bertanding di kabupaten lain menjelang pelaksanaan STQ  Sultra nanti.

“Anak-anak yang sudah juara, hari ini mereka menjadi duta Konkep pada STQ provinsi. Saya harap dan tekankan, agar Qori dan Qoriah yang juara I yang mewakili Konkep ke tingkat yang lebih tinggi agar tidak boleh lagi berlomba di kabupaten lain. Apabila ini terjadi maka saya akan protes dan akan berdampak pada peserta itu nantinya,” tegas Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhammad Lutfi SE MM saat penyerahan piala bergilir STQ  di Aula Lingkaran Hati Emas Pemkab Konkep, Sabtu (9/2) malam.

Selain ajang pencarian bibit yang nantinya bisa mengharumkan Konkep baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional tersebut, lanjut Andi Lutfi, STQ  juga dikemas untuk mengajak masyarakat memasyarakatkan baca tulis Alquran di Wawonii.

“Kita berusaha untuk memerangi buta baca tulis Alquran di Wawonii ini. Perdanya sudah dibuat dan sudah dibuktikan waktu pilkades (pemilihan kepala desa) beberapa waktu lalu, dari 62 calon kepala desa yang mengikuti tes baca tulis Alquran, ada dua calon kepala desa yang dinyatakan gugur atau tidak bisa baca alquran dan ini akan terus ditingkatkan agar tidak ada lagi masyarakat Wawonii yang buta baca tulis Alquran,” katanya.  (r4/nur)

To Top