Headline

Diisukan Turut Mengajukan Balon Wawali Kendari, Ini Kata PKS

KENDARI, BKK- Selentingan kabar berhembus bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan ikut meramaikan bursa Pemilihan Wakil Wali Kota (Wawali) Kendari dengan mengajukan bakal calon (balon) tersendiri juga.

PKS adalah satu dari 3 partai politik pengusung pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain (ADP-Sul) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Kendari 2017 yang kemudian berhasil mendudukkan pasangan ini ke balai kota.

Dua partai lainnya adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dua parpol ini masing-masing mengajukan balon wawali.

PKS semula diyakini tidak bakal mengajukan calon, karena Sulkarnain yang kini menjabat Wali Kota Kendari adalah kader PKS. Tapi, beberapa hari terakhir ini, tiba-tiba berhembus isu PKS kemungkinan ikut nimbrung.

Yaudu Salam Ajo, salah seorang pengurus Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS Sultra, yang dikejar informasinya oleh wartawan koran ini mengatakan, Minggu (10/2), partainya masih menunggu kabar dari DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PKS Kota Kendari, karena usulan akan dibahas di tingkat provinsi.

“Kami belum bisa memastikan apakah PKS akan mengajukan calonnya atau tidak. Saat ini kami masih mencermati situasi. Apalagi, kita masih harus berkoordinasi dengan partai koalisi, yaitu PAN dan PKB. Selain itu kita juga masih menunggu bagaimana mekanisme rekrutmen di DPRD Kota Kendari,” papar Yaudu yang juga anggota DPRD Sultra.

“Saya kira, masyarakat punya hak politik yang sama untuk mengusulkan diri jadi balon wawali. Bahkan, bisa saja mereka meminta untuk kemudian diusulkan oleh PKS. Itu kan tidak masalah. PKS juga bisa mengajukan calonnya,” terang Yaudu, yang juga Ketua Komisi IV DPRD Sultra.

Namun demikian, sambung dia, pihaknya tetap menunggu usulan balon wawali dari DPD PKS Kota Kendari, dan hingga saat ini DPD belum membicarakan soal usulan balon wawali. (p1/iis)

To Top