Pendidikan

77 Mahasiswa Arkeologi UHO Teliti Situs Sejarah di Muna

Bupati Muna LM Rusman Emba berfoto dengan 77 mahasiswa Jurusan Arkeologi FIB UHO Kendari.

RAHA, BKK- Sebanyak 77 mahasiswa Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari telah tiba di Kota Raha Kabupaten Muna, Sabtu (9/2). Mereka mendapat sambutan hangat dari Bupati Muna LM Rusman Emba ST.

Mereka ke Muna untuk melakukan penilitian mengenai situs sejarah yang nantinya akan melahirkan publikasi ilmiah tentang peninggalan purbakala di daerah penghasil jati tersebut.

Bupati Muna LM Rusman mengatakan, Muna kaya akan budaya dan situs sejarah. Situs sejarah dan budaya Muna tidak kalah dibanding daerah lain di Indonesia.

Bahkan, sambung dia, salah satu situs sejarah yang sudah sangat dikenal di Kabupaten Muna, Sultra dan Indonesia yakni Gua Liangkobori.

“Kalau bicara keindahan dan nilai sejarah, Liangkobori tidak kalah dari daerah lain. Selain keindahannya, Liangkobori memiliki misteri yang terpendam. Liangkobori adalah gua prasejarah pada dindingya terdapat banyak lukisan peninggalan zaman dulu,” ujar Rusman dalam sambutannya.

Orang nomor 1 di Muna ini berharap, para mahasiswa dapat mengungkap misteri dari Gua Liangkubori dan menyampaikan penelitian ilmiahnya kepublik nantinya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pendidikan Dasar Orentasi Arkiologi (Pedagogi) Safrin, Muna adalah daerah ke-3 di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dikunjungi mahasiswa jurusan arkeologi FIB. Sebelumnya mereka telah mengunjungi Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan (Konsel).

“Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan dan tahun ini adalah tahun ketiga. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru dan sekaligus kita akan mengeksplorasi situs sejarah yang kita kunjungi,” terang Safrin. (tri/man)

To Top