Lingkar Sultra

Proyek Air Bersih di Bangkali Mangkrak, PU Muna Merasa Ditipu Kontraktor

Muh Aswan Kuasa ST MT

RAHA,BKK – Dugaan penyimpangan atas mangkraknya proyek air bersih di Desa Bangkali Kecamatan Watupute Kabupaten Muna  makin terkuak. Kini,  pihak dinas pekerjaan umum (PU) setempat mengaku tertipu dengan kontraktor proyek tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Muna Muh Aswan Kuasa ST MT saat dikonfirmasi, Kamis (7/2), mengaku merasa tertipu atas pengadaan pompa air oleh pihak kontaktor yang mengerjakan proyek tersebut. Pasalnya, pompa air yang dianggarkan adalah untuk kapasitas  5 liter per detik, tapi yang diadakan pihak kontraktor hanya berkapasitas 3 liter per detik.

“Memang disinyalir mesin air yang dibeli kontraktor itu berkapasitas 3 liter per detik. Padahal,  dalam RAB (rencana anggaran biaya) harus berkapasitas 5 liter per detik. Kami di PU merasa ditipu oleh PPTK (pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan)  dan kontraktor proyek ini,” ungkap La Cuang sapaan akrab Kabid Bina Marga Dinas PU Muna ini.

Terkait masalah ini, La Cuang mengatakan, pihaknya  akan turun lapangan mengecek mesin pompa air tersebut. Terlebih, pengadaan mesin itu disebut-sebut fiktif karena hingga kini tidak berfungsi dan warga setempat belum dapat menikmati proyek air bersih yang dikerjakan sejak 2015 lalu itu.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan turun di lapangan mengecek hal itu (mesin pompa air, red). Tunggu Pak Kadis PU Edi Uga SH MH pulang dari luar daerah,” pungkasnya.

Sebelumnya, dugaan penyimpangan proyek air bersih ini disuarakan kelompok massa yang menggelar aksi unjuk rasa baru-baru ini. Mereka mendesak pihak Kejaksaan Negeri Muna untuk menyelidiki proyek  yang anggarannya mencapai Rp1 miliar tersebut, tapi tak kunjung dinikmati warga setempat. (tri/nur)

To Top