Lingkar Sultra

Lagi, DKP Muna Keciprat DAK Rp 1,7 Miliar

RAHA, BKK – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Muna, kembali akan mendapat Dana Alokasi Khusus ( DAK) sebesar Rp1,7 miliar di 2019 ini. Pada 2018 lalu, kelompok nelayan setempat juga  telah mendapat bantuan berupa alat tangkap, perahu, mesin, pukat, dan bantuan perikanan lainnya.

Kepala DKP Muna La Kusa SE mengungkapkan, DAK Rp1,7 miliar  itu nantinya akan digunakan untuk mengadakan 20 unit perahu viber berkapasitas 3 gros ton, alat tangkap ikan, kemudian bubu rajungan, dan cool box.

“Semua bantuan ini nantinya akan diberikan kepada kelompok nelayan yang belumpernah dapat bantuan. Bantuan ini dari Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP). Kami di DKP. Kabupaten Muna hanya melakukan pengawasan saja. Jika bantuan itu disalahgunakan, maka DKP akan melakukan penarikan dan dapat diberikan pada kelompok nelayan lainnya,” terang La Kusa ditemui, Jumat (1/2).

Mantan Kepala BKPSDM Kabupaten Muna ini juga menjelaskan, bantuan seperti ini sudah banyak di Kabupaten Muna.

Olehnya, lanjut La Kusa, agar aset milik kementerian kelautan dan perikanan (KKP) itu jelas keberadaan dan manfaatnya, pihaknya akan melakukan pendataan.

“Kita akan lakukan pendataan kembali terkait keberadaan aset-aset milik KKP itu. Kalau ada yang tidak digunakan bisa kita tarik,” ungkapnya.

Khusus untuk bantuan di 2019 ini, tambah La Kusa, diprioritaskan bagi kelompok nelayan yang belum pernah menerima bantuan selama ini. Terutama nelayan yang berada di kawasan pesisir pantai di Kabupaten Muna. (tri/nur)

To Top