Beranda

Gubernur Puji Desain Kantor Baru BI Sultra

(FOTO:FAYSAL/BKK)
Gubenur Sultra Ali Mazi bersama Gubernur BI Perry Warjiyo dan pejabat lainya saat memencet tombol sirine peresmian Kantor Perwakilan BI Sultra.

KENDARI, BKK – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi memuji desain Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sultra yang baru dimulai pembangunannya.

“Dengan adanya gedung baru BI ini, mudah-mudahan bisa menjadi ikon Sultra. Ini sangat luar biasa konsep nuansa budaya, kearifan lokal yang ditonjolkan di bangunan gedung,” ujar Ali Mazi dalam acara peletakan batu pertama pembangunan KPw BI Sultra, Senin (4/4).

Menurut dia, desain bangun merepresentasikan citra Bank Indonesia sebagai bank sentral yang kokoh , formal, berwibawah, dan monumental.

Ali Mazi juga berharap, Kantor BI Sultra dapat memberikan semangat baru dan penunjang kinerja baru pula dan bermanfaat bagi kemajuan daerah dan berdampak pada perbaikan infrastruktur di Sultra.

“Jadi, kami sebagai pemerintah provinsi sangat mendukung dan mengapreasiasi hadirnya gedung baru BI Sultra, terlebih lokasinya bertetangga dengan Kantor Gubernur Sultra,” katanya.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, konsep gedung baru BI merepresentasikan citra BI sebagai Bank Sentral yang kokoh, formal, berwibawa, dan monumental. Kata dia, bangunan berbentuk geometris simpel dengan dasar gedung masif dan kokoh, mewadai ruang operasional kas BI yang memiliki standar pengamanan tinggi.

“Jika dilihat dari luar, bangunan tersebut dibentuk dengan artikulasi elemen-elemen vertikal dan horizontal, berpadu dengan ritme yang teratur menjadi pola khususnya. Sementara, bagian depan gedung tersebut dibangun empat lantai yang kokoh serta berwibawa,” ungkap Perry Warjiyo, Senin (4/2).

Dia mengatakan, Kantor baru BI Sultra dibangun dengan motif kain tenun Tolaki, sebagai cerminan kearifan lokal yang berfungsi sebagai secondary layer.

“Konsep green building atau ramah lingkungan dikembangkan pula sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan. Dihadirkan pula RTH (ruang terbuka hijau) dengan pemilihan material landscape yang mengoptimalkan penyerapan air pada lahan yang tersedia, seperti penggunaan paving block dan grass block pada area parkir,” jelas Perry.

Perry bilang, upaya efisiensi energi juga dilakukan dengan memperhatikan orientasi matahari.

Diketahui, Berdasarkan data site plan pembangunan gedung BI Sultra dibangun dengan lahan seluas 2 hektare (ha), dengan luas bangunan 10.214,99 meter per segi atau 1 hektare ha.

Gedung baru terletak di Jalan Haluoleo, Kawasan Bumi Praja Andounohu, Kompleks Kantor Gubernur Sultra. (p4-p3/man)

To Top