Beranda

Sulkarnain: Kelurahan dan Kecamatan Wajib Terapkan Pelayanan Berbasis IT

Sulkarnain. (FOTO:WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Mulai tahun ini, kelurah dan kecamatan di Kota Kendari wajib menerapkan pelayanan administrasi berbasis informasi dan teknologi (IT).

“Zaman sekarang merupakan zaman yang berbasis teknologi informasi, sehingga pelayanan yang diberikan di masyarakata harus mengikuti era teknologi. Oleh karena itu, saya mewajibkan seluruh kelurahan dan kecamatan membuat sistem pelayanan secara digital,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain saat ditemui di Ruang Pola Wali Kota Kendari, Kamis (17/1).

Menurut dia, pelayanan administrasi berbasis teknologi informasi dapat diselesaikan dengan cepat. Contohnya, pengurusan surat keterangan lahir, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan nikah, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, dan lainnya.

Sulkarnain menambahkan, setelah sistem berbasis teknologi dan informasi ini diterapkan maka pelayanan di kelurahan dapat selesai dalam waktu maksimal 7 menit.

“Jadi, pak lurah dan pak camat tidak perlu khawatir dengan alasan tanda tangannya bagaimana, karena saat ini tanda tangan secara digital masih sementara digagas. Sehingga, nanti tanda tangan manual tidak perlu lagi, ” ucapnya.

Sulkarnain bilang, dengan adanya tanda tangan secara digital, lurah dan camat di mana pun posisinya bisa meneken administrasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi disibukan dengan pelayanan administrasi, dengan berbagai hal yang bertele-tele,” pungkasnya. (p4/man)

To Top