Beranda

KKP: Perikanan dan Pariwisata Usaha yang Menjanjikan

KENDARI, BKK – Mahasiswa dimbau berani dan serius menjadi pengusaha dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang strategis, baik dalam bidang perikanan maupun pariwisata yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Potensi perikanan dan pariwisata Sultra sangat bagus untuk dikembangkan. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) M Zulficar Mochtar ST MSc dalam seminar nasional ekspedisi pinisi bakti nusa di Universitas Halu Oleo (UHO) kendari baru-baru ini.

Menurut dia, pemukiman dan makanan (pangan) ke depan sangat penting dikembangkan, khususnya ikan. Karean, 40-60 % konsumsi protein itu dari ikan sebagai sumber protein paling murah dan realistis.

“Jadi ke depan, orang akan berebut ikan. Untuk itu, selalu antisipasi ke depannya. Kalau tidak mengantisipasi, kita akan ketinggalan, ini bukan menakut-nakuti,” tandasnya.

Zulficar menjelaskan, potensi yang begitu besar ini belum bisa diolah secara maksimal menjadi kekuatan besar. Sehingga, peran mahasiswa ke depannya akan sangat penting dalam mengembangkan kelautan dan pariwisata Sultra yang sangat berpotensi menyejahterakan masyarakat.

“Akademisi, PNS (pegawai egeri sipil ), lembaga swadaya masyarakat, sudah sangat kurang yang menjadi pengusaha di bidang perikanan. Bahkan, asing sudah menguasainya,” sebutnya.

Zulficar berharap, agar ke depan tercipta menciptakan pengusaha di bidang perikanan maka perlu ada pengayaan dan kurikulum di kampus. Mengingat, Sultra sangat kaya akan jenis terumbu karang, lobster, ikan, dan yang lainnya. (cr1/man)

To Top