Bisnis & Ekonomi

Bank Sultra dan Pemkot Kendari Digitalisasi Pelayanan RS

Plt Walikota Kendari dengan pejabat OPD lingkup Pemkot Kendari bersama Direktur Bank Sultra. (WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Bank Sultra bersama pemerintah Kota Kendari telah meresmikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) PMCC dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) berbasis elektronik pada Senin (7/1) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Pelayanan RS yang berbasis digital diharap mampu meningkatkan dan mempercepat proses pelayanan pada pasien.

Direktur Utama Bank Sultra H Khaerul Kemala Raden mengungkapkan, dalam mendorong perekonomian daerah, misi Bank Sultra salah satunya dengan penyediaan aplikasi berbasis digital di RS.

“Suatu keniscayaan bahwa tidak mungkin lagi melakukan pelayanan manual. Jadi, harus digitalisasi dengan melakukan pengembangan organisasi secara in house. Ketersediaan IT yang handal, mendorong Bank Sultra berkontribusi untuk membangun perekonomian daerah,” ungkap Khaerul Kemala Raden, saat memberikan sambutan dalam acara launching SIM-RS PMCC dan SPPD Elektronik di RSUD Kota Kendari.

Dia menuturkan, aplikasi digital tersebut terintegrasi mulai dari pendaftaran sampai dengan pasien pulang. Kelebihan dengan adanya pendaftaran secara digitalisasi bisa diidentifikasi apakah pasien baru dan lama sehingga penanganan cepat.

“Kemudian kelebihannya juga yakni rekam medik secara digital sehinggga informasi pasien yang pernah ditangani dibeberapa poli itu ada di data base. Sehingga pada operasi diperoleh dengan cepat. Memudahkan pemeriksaan bagian logistik dan menghitung logistik seperti obat dan peralatan lainnya. Dan ada fitur informasi, di mana bagian keuangan mengetahui berapa penerimaan per hari perbulan dan pertahun. Jadi dokter bisa mendapatkan informasi dengan baik,” ujarnya.

Kata dia, aplikasi tersebut terintegrasi dengan BPJS kesehatan.

“Kami harap aplikasi ini dibangung dengan terbuka sehingga kebutuhan bisa dipenuhi,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Walikota Sulkarnain Kadir mengatakan, Pemkot Kendari  berkomitmen bahwa pemerintahan harus berjalan berkelanjutan dan memastikan semua akan berungsi dengan baik.

“Sekaligus memanfaatkan momentum sistem informasi manajemen RSUD dengan baik. Kita berharap layanan dari hari ke hari juga semakin baik. Dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,” ucapnya. (p4/iis)

To Top