Aktualita

Kualitas Pendidikan Sultra Rendah, Wagub: Kebijakan Masing-Masing Daerah

FAYSAL/BKK
Lukman Abunawas.

KENDARI, BKK- Menanggapi hasil evaluasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM) yang mencatat kualitas pendidikan di Sultra menduduki  peringkat ketiga terbawah se-Indonesia, Wakil Gubernur Lukman Abunawas mengatakan pendidikan merupakan kebijakan masing-masing kabupaten dan kota.

“Karena, masing-masing kabupaten dan kota tentunya bagaimana kebijakan alokasi anggaran dia harus betul-betul bersentuhan dengan pendidikan,” katanya, Kamis (20/12), saat diwawancarai wartawan koran ini di Hotel Claro Kendari.

Lukman menambahkan, di era AMAN, dengan program Sultra Cerdas akan memberikan bantuan kepada masyarakat miskin, misal, melanjutkan S2 (magister) dan S3 (doktor) bagi mereka yang berprestasi.

Sebelumnya, Kepala BANSM Prof Dr H  Anwar Hafid MPd mengumumkan peringkat kualitas pendidikan Sultra dalam rapat koordinasi di Kota Kendari pada Sabtu (15/12) lalu.

Menurut dia, kualitas pendidikan ini menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dan kota serta pemerintah provinsi (pemprov).

“Terlihat bahwa pemerintah terkait masih kurang perhatian terhadap pendidikan, sehingga kondisi ini berdampak terhadap kualitas pendidikan, yang sekaligus berdampak langsung terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Sultra,” lanjutnya.

Ia berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) beserta Kementerian Agama (Kemenag) Sultra bisa mengetahui kondisi pendidikan saat ini, sehingga ke depannya bisa dicarikan solusi untuk mengatasi permasalahan.

“Seperti, pengadaan 2 komponen yang sampai saat ini menjadi batu sandungan Provinsi Sultra untuk mendapatkan akreditasi yang lebih baik lagi, yakni persoalan sarpras serta tenaga kependidikan,” anjurnya.

“Kami selalu komunikasikan dengan pemerintah, jadi mudah-mudahan ke depan pemda bisa perhatian kepada sekolah.  Karena, selama ini pemerintah semacam apatis terhadap akreditasi pendidikan. Padahal, gambaran akreditasi itu adalah gambaran kualitas sekolah,” pungkasnya. (m1-p3/iis)

To Top