Pendidikan

Prof Abdullah Alhadza Usul Pelaksanaan UNBK Gunakan Sistem CAT Seleksi CPNS

Prof Abdullah Alhadza. (FOTO : SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Pengamat Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra) Prof Abdullah Alhadza mengusulkan penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Negara (CPNS) untuk diterapkan dalam proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) semua sekolah.

“Ini agar tidak ada kendala dalam pelaksaan UNBK, karena spesifikasi sarana seperti komputer dan laptop yang berbeda-beda,” kata Prof Abdullah Alhadza ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/11).

Ia menjelaskan, jika pelaksanaan UNBK mneggunakan laptop atau komputer yang berbeda-beda, maka akan ada beberapa pelajar dan siswa yang dirugikan, sebab kecepatan akses setiap laptop dan komputer berbeda-beda tergantung dari Software dan Hardwarenya.

“Ini masalah utama jika pelaksanaan UNBK dilakukan masing-masing sekolah secara mandiri dengan ketersediaan sarana prasarana yang terbatas,” jelasnya.

Akan tetapi, lanjut dia, jika metode diterapkan, maka hanya ada beberapa daerah yang bisa melakukannya seperti halnya proses seleksi CPNS beberapa waktu lalu. Di Sultra hanya ada beberapa daerah yang sarana dan prasarana sudah siap seperti di Kota Kendari.

“Yang perlu dipikirkan memang hanya soal sarana dan prasarananya saja, karena kalau soal yang lain sangat menguntungkan. Diantaranya, para peserta UNBK berada pada posisi yang sama, soal dari seleksi tidak akan bocor, dan mereka yang lolos tentu cukup teruji,” tutupnya.(m1/cr5)

To Top