Pendidikan

Poltekkes Kendari Target Akreditasi B

Suasana pelaksanaan akreditasi di Poltekkes Kendari oleh BAN-PT. (FOTO : SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari menargetkan peningkatan akreditasi institusi dari C menjadi B, di 2019 mendatang.

“Insya Allah di 2019 nanti akreditasi kita bisa naik dari C menjadi B,” kata Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari Askrening, Selasa (27/11).

Ia menuturkan, saat ini pihak Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Pusat, telah usai melakukan evaluasi lapangan dalam rangka memastikan laporan dokumen borang yang dibuat pihaknya pada proses pengajuan peningkatan akreditasi apakah sesuai dengan kondisi lapangan atau tidak.

“Belum ada bocoran dari hasil evaluasi ini apakah layak atau tidak, kita hanya disuruh menunggu,” jelasnya.

Askrening menyebutkan, jika saat ini akreditasi jurusan atau program studi (prodi) di lingkup Poltekkes Kendari rata-rata mendapatkan akreditasi B sesuai hasil penilaian Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes).

“Semua jurusan dan prodi kita sudah mendaptkan akreditasi B, jadi sekarang kita mengupayakan untuk institusi,” tandasnya.

Ia menambahkan, peningkatan akreditasi menjadi sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswa, karena akreditasi merupakan bukti jika jurusan, prodi atau universitas tersebut memiliki kualitas yang baik.

“Akreditasi yang baik sangat pelu untuk meningkatkan keperecayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Untuk itu, target kami di 2019, harus tercapai,” tutupnya.

Diketahui, proses evaluasi yang dilakukan BAN-PT dimulai sejak 25-27 November, dimana saat ini pihak Poltekkes sedang menunggu hasil dari proses tersebut.(m1/cr5)

To Top