Beranda

Usul 10 Ribu Blangko KTP El, Hanya Diberikan 1.000

H Halili. (NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Kota Kendari hanya mendapat jatah tambahan blangko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik sebanyak 1.000 keping, dari yang diusulkan sebanyak 10 ribu lembar.

“Sebelumnya, kita usulkan sebanyak 10 ribu keping, tapi yang direalisasikan hanya 1.000. Sebenarnya penambahan 1.000 keping ini masih masih sangat kurang,” kata Kepala Dinas Kepnedudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Kendari H Halili, Rabu (10/10).

Dijelaskan, jika dilihat berdasarkan antrean untuk yang non PRR atau yang mengganti KTP el yang rusak dan pindah datang, jumlahnya sudah mencapai ribuan. Sementara, untuk yang PRR-nya sekitar 2 ribu lebih.

“Ke depan akan ada penambahan lagi dari pusat. Semoga saja, penambahan blangko yang diberikan pusat nantinya jumlahnya bisa mencukupi daftar atrean kami,” harapnya.

Halili menuturkan, penmabhan juga sangat dibutuhkan dalam penghadapi pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Kendati demikian, pihaknya akan terus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kota Kendari yang hendak melakukan perekaman.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan Disdukcapil bisa mengatasi kehabisan stok blangko.

“Kita harap blangko di Disdukcapil Kota Kendari bisa kembali tersedia, agar masyarakat kita bisa dengan cepat mendapatkan KTP el,” katanya.

Apalagi, tambah Ridwan, di 2019 nanti, akan menghadapi pemilu dan pilpres, yang mana dalam memilih tidak diperbolehkan menyalurkan hak suaranya tanpa KPT el.

“Makanya, kami sangat harapkan Disdukcapil bisa mengatasi masalah ini, agar persoalan blangko tidak menjadi hambatan nanti,” pungkasnya. (cr6/man)

To Top