Suksesi

KPU Kendari Minta PPK dan PPS Aktif Melayani Warga

La Ndolili SPd (FOTO:RUL/BKK)

KENDARI, BKK – Dalam rangka memaksimalkan pelayanan posko gerakan melindungi hak pilih (GMHP) wajib pilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari meminta panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) bekerja lebih aktif.

Komisioner KPU Kota Kendari La Ndolili mengatakan, PPK dan PPS yang bertugas di posko GMHP diharapkan tidak hanya duduk menunggu masyarakat untuk datang mendaftarkan diri sebagai wajib pilih.

“Kalau bisa mereka (PPK dan PPS) menjemput bola dengan turun dilapangan untuk melakukan pendataan, tanpa harus menunggu masyarakat,” sebut La Ndolili, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/10).

Ia menjelaskan, sejauh ini pelayanan posko memang cukup baik, terbukti dengan adanya pendaftar baru dibeberapa posko. Namun, untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, sekiranya perlu dilakukan langka-langka yang lebih signifikan.

“Selain turun lapangan, perlu juga koordinasi dengan pihak RT/RW agar mendapatkan data yang lebih valid. Jika perlu, sosialisasi dimasyarakat perlu dilakukan,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut dia, juga telah mengintruksikan kepada PPK dan PPS agar memasang spanduk GMPH disetiap sekertariat, membuat jadwal piket harian, bersikap proaktif dengan mengumpulkan informasi dari berbagai pihak, dan melaporkan secara berkala hasil pendataan.

“Pelaporan pendataan secara berkala ini untuk penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perubahan (DPTHP), yang kami jadwal pada 10, 14, dan 22 Oktober,” pungkasnya. (cr5/man)

To Top