Lingkar Sultra

Distan Butur Tarik Bantuan Alsintan yang Disalahgunakan

Bantuan alat mesin pertanian milik Distan Butur yang ditarik dari kelompok tani di Kecamatan Bonegunu karena disalahgunakan.

BURANGA, BKK – Satu unit alat mesin pertanian (Alsintan) atau jonder yang telah dipinjamkan kepada kelompok tani guna mendukung kerja-kerja lapangan justru dimanfaatkan untuk menarik dan mengangkut kayu untuk keuntungan pribadi.

Akibat kejadian itu, satu unit mesin Alsintan itu terpaksa ditarik pihak Dinas Pertanian. Kejadian ini terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Butur, Yusuf membenarkan hal itu. Menurut dia, kejadian itu terjadi di wilayah Kecamatan Bonegunu. “Jadi ada laporan dari masyarakat jika mereka menyalahgunakan bantuan yang sudah diberikan. Karenanya bantuan itu terpaksa kita tarik,” tegas Yusuf.

Belajar dari peristiwa itu, Distan tidak akan memberikan lagi bantuan pada kelompok tani tersebut.

Melihat adanya kejadian itu, Yusuf berjanji akan memperkuat pengawasan penggunaan alat pertanian yang telah disalurkan di daerah itu. Pasalnya, bantuan tersebut diproyeksikan untuk keperluan pertanian organik.

“Pola pemanfaatan bantuan saat ini diubah. Tidak lagi diserahkan sepenuhnya ke kelompok tani. Jadi jika ada yang memerlukan alat pertanian, harus mengajukan proposal. Semuanya diatur Dinas Pertanian,” tegas Yusuf. (cr10)

To Top