Beranda

Muna Rebut Juara Umum Pertandingan Taekwondo Fighting Challenge 2018

Pihak panitia kegiatan saat menyerahkan hadiah kepada para juara umum Taekwondo Fighting Challenge 2018, Minggu (16/9). Foto: Rul/BKK

KENDARI, BKK- Setelah berhasil menyisihkan lawan-lawannya dari perwakilan beberapa kabupaten/kota di Sultra, Kabupaten Muna berhasil keluar sebagai juara umum dalam pertandingan Taekwondo Fighting Challenge 2018 yang diselenggarakan di Gedung Aula Manunggal Jenderal Sudirman Korem 143/HO.

Ketua panitia kegiatan, Nembu Karim Terimbu menyebutkan, dari 250 peserta yang terbagi dari beberapa perwakilan kabupaten/kota, Dojong SMA Negeri 2 Raha asal Kabupaten Muna berhasil menjadi juara umum dengan perolehan lima medali emas, tiga perak, dan tujuh perunggu.

“Dojong Afc asal Kota Kendari hanya berhasil menempati posisi juara dua umum dengan perolehan empat medali emas, tujuh perak, dan lima perunggu, kemudian pada posisi juara tiga umum berhasil kembali diraih Dojong Kabawo asal Kabupaten Muna dengan perolehan empat medali emas, empat perak dan tiga perunggu,” terang Nembu ditemui dalam acara penutupan kegiatan, Minggu (16/9)

DAN III Kukkiwon ini menjelaskan, pertandingan yang diselenggarakan sekali setahun tersebut, diikuti 250 peserta yang terdiri dari usia 6-30 tahun. Para peserta bertarung mengunakan sistim random atau sistim acak, sehingga tidak menutup kemungkinan satu danjong (nama tempat pelatihan) akan saling berhadapan untuk terus berdiri menjadi juara.

“Kita tidak membatasi jumlah peserta setiap daerah untuk ikut kegiatan ini, karena dalam proses pertandingannya kita menggunakan sistim acak,” urainya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sendiri berlangsung selama tiga hari terhitung sejak 14 – 16 September.

“Untuk para juara yang berhasil menang dalam kompetisi ini mendapatkan piagam, medali dan hadiah uang tunai. Juara I umum mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2,5 juta, Juara II umum sebesar Rp 1,5 juta, dan juara III umum mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1 juta,” bebernya.

Pengawas pertandingan sekaligus pengurus taekwondo Sultra, Ridwan Rasyid DAN III Kukkiwon menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut yang merupakan ajang pencarian bibit untuk atlet taekwondo Sultra dan ke depannya bisa menjadi perwakilan daerah dalam setiap perlombaan baik itu tingkat daerah, nasional maupun internasional.

“Kita dari pengurus provinsi terus memberikan support bagi mereka baik itu dalam bentuk saran maupun materi agar mereka tetap berkarya,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan mantan atlet taekwondo, H Subhan ST yang merupakan anggota DPRD Kota Kendari. Ia mengatakan, pihaknya sebisa mungkin akan membantu meningkatkan semangat tarung para atlet dengan pengucuran dana melalui KONI baik kota maupun provinsi.

“Di APBD induk 2019 kita akan bantu penganggaran untuk KONI agar seluruh bidang olahraga di Kota Kendari bisa dioptimalkan pengelolaannya, sehingga dapat menunjang karir para generasi muda,” pungkas Subhan.(Cr5/nur)

To Top