Beranda

Jaga Netralitas ASN, Kesbangpol Kendari Bentuk Tim Pemantau Pemilu

Ridwansyah Taridala. (NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Guna menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari pada pemilihan pemilihan presiden dan pemilihan calon legislatif 2019, badan kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) setempat membentuk tim pengawas Pemilu.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, pembentukan tim pemantau pemilu tersebutsesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 61 untuk memantau situasi daerah.

Dikatakannya, sesuai aturan yang berlaku  seluruh ASN wajib hukumnya untuk mematuhi atau tidak berpihak pada pemilihan umum (pemilu). Olehnya, ia mengajak seluruh ASN lingkup Pemkot Kendari untuk tidak bermain-main dengan aturan tersebut.

“Jika ditemukan nanti ada ASN yang berpihak atau tidak netral pada pemilu tersebut maka ASN yang bersangkutan akan disanksi tegas oleh pimpinan,” ujar Ridwan melalui sambungan telepon, Minggu (16/9).

Dijelaskannya, dengan adanya aturan yang membatasi itu, maka ASN sebaiknya menunggu saja saat pemilihan tiba untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menyalurkan hak suaranya.

Kesbangpol sendiri, tambahnya, berupaya mendorong terciptanya ketertiban dan ketentraman di tengah masyarakat. Salah satunya dengan menjaga netralitas ASN saat pemilu.

“Sehingga dengan begitu,  pelaksanaan pilres maupun pilcaleg 2019 nanti bisa berjalan dengan lancar tidak ada hambatan,” pungkasnya.(cr6/nur)

 

 

 

 

 

 

 

To Top