Beranda

Ganti Suket, Disdukcapil Kendari Cetak 6.300 e-KTP

KENDARI, BKK – Sebanyak 6.300 keping  Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) telah dicetak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari, untuk mengganti surat keterangan (suket) yang selama ini menjadi pegangan warga Kendari yang belum memiliki KTP definitif.

“Hal itu kami lakukan untuk persiapan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) 2019 nanti,” ungkap Kepala Disdukcapil Kendari H Halili, Jumat (14/9).

Halili menjelaskan, pada pilpres dan pilcaleg nanti, warga tidak diperbolehkan menyalurkan hak suaranya bila hanya menggunakan suket.

“Makanya mulai bulan ini, kami bekerja lembur untuk mencetakan e-KTP definitif warga kita. Sejauh ini, sudah sekitar 6.300 keping e-KTP yang kita cetak,” paparnya.

Ia mengatakan, untuk stok blangko e-KTP di Disdukcapil Kota Kendari masih aman dan pihaknya  mengusulkan lagi pengadaan blangko sebanyak 12 ribu keping.

“Namun yang sudah direalisasikan baru tujuh ribu keping, jadi masih ada sebanyak lima ribu keping blangko lagi,” paparnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari Ridwansyah Taridala membenarkan pada pilpres dan pilcaleg nanti, warga tidak bisa lagi menyalurkan hak suaranya dengan menggunakan suket.

“Memang pada pemilihan gubernur (pilgub) masih bisa menyalurkan hak suaranya hanya dengan menggunakan suket, namun pemilu kali ini harus menggunakan e-KTP,” ujar Ridwanyah.

Olehnya, lanjut dia, saat ini pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Kesbangpol dan Disdukcapil Kendari selalu berkoordinasi agar e-KTP tidak menjadi hambatan bagi pemilih saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilu 2019 nanti. (cr6/nur)

To Top