Suksesi

Empat Kadis Sultra Dihadiahi Hukuman Moral

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Empat Kepala Dinas (Kadis) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat sanksi moral. Pasalnya, meraka dinyatakan terbukti tidak neral dan melanggar kode etik dalam pelaksaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018.

Mereka adalah kadis energi dan sumber daya mineral (ESDM), kadis cipta karya bina Konstruksi dan tata ruang, kadis kehutanan, serta kadis lingkungan hidup.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Sultra Hamiruddin Udu mengatakan, pihaknya telah memproses kasus tersebut. Bahkan, komisi aparatur sipil negara (KASN) telah mengeluarkan sanksi terhadap keempatnya.

“KASN memerintahkan kepada pejabat pembina kepegawaian untuk memberikan sanksi moral terhadap keempatnya,” terangnya, Jumat (14/9).

Hamiruddin menuturkan, sanksi ini dikeluarkan KASN karena mereka dianggap telah melanggar kode etik yaitu tidak netral dalam PilGub Sultra.

Diberitakan, empat kadis tersebut dianggap tidak netral karena memasang ucapan iklan selamat kepada pasangan Ali Mazi-Lukman ABunawas. Padahal, suara terbanyak yang diperoleh pasangan nomor urut 1 itu baru berdasarkan hasil hitung cepat dua lembaga survei. (p1/man)

To Top