Suksesi

Dua Tambahan KPU Kabupaten/Kota Dilantik Sebelum Penetapan DCT

Ade Suerani

KENDARI, BKK – Dua orang tambahan komisioner komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan akan dilantik sebelum 20 September 2018.

Dari 105 orang yang berhak mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan, hanya 30 orang yang akan dilantik mengisi tambahan pada 15 KPU kabupaten/kota di Sultra.

“Hari ini (kemarin, red) pelaksanaan fit and proper test selesai. Hasil penilaian dari kami (KPU Sultra) akan kami kirim ke KPU RI untuk menetapkan dua nama berdasarkan perolehan nilai tertinggi,” terang Komisioner KPU Sultra Ade Suerani, Jumat (14/9).

Dijelaskan, pihaknya memanggil tujuh orang setiap KPU kabupaten/kota untuk mengikuti fit and proper test. Dua akan ditetapkan untuk mengisi kekosongan keanggotaan, sedang lima  lainnya menjadi cadangan.

“Jadi, yang menentukan itu KPU RI. Kita hanya melakukan fit and proper test. Hasil dari fit ini langsung kita kirim, dan KPU RI juga yang akan merangking,” katanya.

Ade mengungkapkan, penetapan dua anggota serta lima cadangan akan dilakukan paling lama dua hari setelah fit and proper test. Kemudian, pelantikan dua komisioner akan dilakukan 18 Sepetember 2018.

“Dari informasi lisan yang saya dapat, KPU RI akan melakukan pelantikan 18 Sepetember. Karena dua komisioner ini sudah harus bekerja sebelum penetapan DCT (daftar caleg tetap),” pungkasnya. (cr5/man)

To Top