Headline

Pemkot Kendari Akan Menerapkan SPPD Elektronik

Ilustrasi.

KENDARI, BKK– Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan menerapkan e-SPPD (surat perintah perjalanan dinas elektronik) mulai 2019. Ia akan menjadi daerah pertama di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengadopsi teknologi ini.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, Kamis (13/9), ini kebijakan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Sulkarnain.

“Saya kira jika e-SPPD bisa diterapkan di Pemkot Kendari, akan sangat bagus sekali. Dan itu menurut saya sudah waktunya untuk kita menerapkannya,” katanya.

Menurut dia, Kota Kendari tidak ada alasan untuk tidak menerapkannya, sebab fasilitas penunjangnya, baik listrik maupun jaringan internet, semua sudah tersedia dengan baik.

“Memang sudah waktunya untuk kita menerapkan e-SPPD. Apalagi hal ini sudah instruksi unsur pimpinan. Kita akan langsung menerapkannya di 2019 nanti,” paparnya.

Terlebih, sambung dia, ini berkaitan dengan integritas Pemkot Kendari itu sendiri.

“Sejauh ini yang menjadi kekurangan dalam penerapan SPPD konvensional, bisa saja SPPD yang kita gunakan tidak terlalu efektif dan efisien. Jika e-SPPD sudah kita terapkan, maka akan lebih efisien lagi ketimbang SPPD konvensional,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, jika organisasi perangkat daerah (OPD) memasukan nama, maka akan muncul item-item lamanya perjalanan dinas yang dilakukan OPD.

“Sehingga, semuanya nantinya akan tergambar dan bisa lebih efisien lagi. Menurut saya sangat bagus sekali jika di awal 2019 kita mulai terapkan e-SPPD,” sebutnya.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Rizal menanggapi kebijakan ini menyatakan mengapresiasi langkah eksekutif.

“Hal itu menurut saya sangat baik sekali untuk diterapkan di sini,” sambutnya.(cr6/iis)

To Top