Headline

Calon Anggota KPU Tambahan Mulai Menjalani Fit and Proper Test

Ade Suraeni.

KENDARI, BKK- Sebanyak 107 nama yang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI nyatakan lolos seleksi berkas untuk memperebutkan posisi anggota KPU tambahan di 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai menjalani fit and proper test terhitung Kamis (13/9).

Jumlah itu adalah akumulasi dari 7 orang tiap daerah dari 15 kabupaten dan kota.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir menerangkan, fit and proper test akan dilakukan selama tiga hari hingga Sabtu (15/9).

Hari pertama diikuti 8 daerah, yaitu Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Kolaka Utara (Kolut), Bombana, Konawe Utara (Konut), Kabupaten Muna, dan Kabupaten Buton.

“Besok (hari ini, red) akan ada dua daerah, yaitu Baubau dan Konawe Kepulauan (Konkep),” lanjutnya.

Hari terakhir, lanjut pemilik sapaan akrab Odjo, ada 5 kabupaten sekaligus, yaitu Buton Utara (Butur), Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel), dan Wakatobi.

“Seleksi ini dibagi menjadi 3 hari karena kita sesuaikan dengan jumlah dari para calon yang lolos,” katanya.

Anggota KPU Sultra, Ade Suraeni menambahkan, hasil fit and proper test nantinya dikirim kembali ke KPU RI untuk dirangking menentukan 2 orang sebagai anggota komisioner tambahan dan 5 menduduki bangku cadangan.

“Kita hanya memberi nilai dari tes. Untuk perangkingannya (menjadi) kewenangan KPU RI dan sekaligus penetapannya,” paparnya.

Mengenai kapan penetapannya, Ade mengatakan, pihaknya belum mendapatkan jadwalnya.

Namun, pihaknya telah memperkirakan, agenda ini akan tuntas sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) atau paling lambat 20 September.(cr5/iis)

To Top