Headline

Tangkap 1,6 Kg Sabu-Sabu, Kapolda Sultra: Ini Kasus Terbesar yang Pernah Ada

Iriyanto (Sebelah Kiri)

KENDARI, BKK- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Iriyanto memuji penangkapan 1,6 kilogram (kg) sabu-sabu baru-baru ini sebagai yang terbesar yang pernah dilakukan.

Iriyanto memaparkan, penangkapan yang dilakukan awal September oleh jajaran Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Sultra ini melibatkan 3 orang pelaku.

Dan, hanya sepanjang Agustus-September saja, Polda Sultra telah menangkap 16 orang dengan barang bukti sabu-sabu keseluruhan seberat 1,7 kg, termasuk uang tunai Rp7 juta.

“Yang terbesar adalah tangkapan pada awal September dengan barang bukti sabu-sabu seberat 1,6 kg dari 3 orang pelaku,” kata Iriyanto, saat menggelar konferensi pers di Mapolda Sultra, Rabu (12/9).

Ia menjelaskan, penangkapan tersebut merupakan pengungkapan kasus-kasus penyalahgunaan narkoba yang diungkap dari berbagai jaringan dan jalur, baik itu jalur darat, laut, dan bahkan udara.

“Semua itu tidak terlepas dari penyelidikan, penyidikan, dan pengembangan polisi. Pengembangan dilakukan baik yang ditangkap secara langsung maupun pengembangan dari para tahanan kita yang ada di sini dan di lapas (lembaga pemasyarakatan),” tambah Iriyanto.

Sebanyak 16 orang yang ditangkap, kata dia, semuanya telah jadi tersangka dan ditahan dengan sangkaan pengguna, pengedar, dan kepemilikan narkoba. Namun, masih ada 2 pelaku yang sedang dalam pengejaran kepolisian.

“Kami dari akan terus melakukan pengungkapan dan pengejaran yang terlibat dalam kasus-kasus penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Untuk personel polisi yang terlibat dalam penangkapan itu, ucap Kapolda, dalam waktu dekat akan diberikan penghargaan.(p2/iis)

To Top