Beranda

Sambut Tahun Baru Islam, Lapas Kendari Deklarasi Hapus Buta Huruf Alquran

Kakanwil Kemenkumham Sultra Sofyan serahkan dua buah Alquran kepada napi (YUSRIL/BKK)

KENDARI, BKK – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kendari bersama Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Klas IIIA dan Lapas Khusus Anak Klas IA, Senin (10/9), menggelar doa bersama dan deklarasi hapus buta huruf Alquran bagi seluruh narapidana (napi) yang beragama Islam,

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra Sofyan, mengajak seluruh napi menjelang tahun baru Islam dapat terus meningkatkan amal-amal kebaikan untuk menyongsong lembaran baru di tahun berikutnya.

“Mari kita jadikan 1 Muharam ini bukan hanya sebagai moment intropeksi atas apa yang telah dilakukan satu tahun belakang. Namun lebih dalam lagi langkah-langkah kebaikan apa yang kita jalankan di lembaran tahun berikutnya,” kata Sofyan saat membacakan sambutan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Dalam menyambut tahun baru ini, lanjut dia, para napi dan tahanan yang beragama islam bisa menjadikan sebagai solusi awal dalam memulai catatan pahala di awal tahun dengan tulus dan ikhlas, sehingga bisa menjadi insan Ilahi yang lebih baik dan bertakwa.

Selain itu, deklarasi hapus buta huruf Alquran ini juga merupakan wujud kesadaran akan pentingnya membaca alquran.

“Ayat pertama yang diturunkan Allah ke bumi adalah Iqra yang berarti bacalah. Olehnya itu bagaimana cara kita membaca alquran dengan baik dan benar serta dapat menghayati dan mengimplementasikan dengan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Kepala LPP Kelas IIIA Kendari Rita Ribawati mengatakan, dalam kegiatan ini dideklarasikan hapus buta huruf baca alquran karena masih banyak napi beragama Islam yang belum mempunyai kemampuan baca tulis alquran yang benar.

“Nah actionnya nanti itu memang di lapas harus dilakukan pendidikan baca alquran serta memberantas napi yang buta huruf baca alquran,” tandas Rita.(m2/nur)

To Top