Lingkar Sultra

Ribuan Warga Raha Pawai Taaruf Dan Zikir

Peserta pawai taaruf berfoto bersama di halaman Masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat Kota Raha. (FOTO: FITRI/BKK)

RAHA, BKK – Menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Selasa (11/9) sejak pukul 06.00,  ribuan masyarakat Kabupaten Muna turun ke jalan. Mereka beramai ramai mengikuti kegiatan pawai taaruf yang digelar Pemerintah Kabupaten Muna.

Pawai Taaruf mengambil start di Masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat Kota Raha dengan rute dalam Kota Raha sejauh 6 KM, dan finish kembali di masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Muna itu. Kegiatan menyambut tahun baru Islam dihadiri Bupati Muna LM Rusman Emba ST dan istri, Yanti Setiawati SE MSi. Sekda Muna Nurdin Pamone SH, para kepala OPD lingkup Pemkab Muna, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muna, para camat, para kepala sekolah SD, SMP, SMA dan pondok pesantren di Kota Raha.

Rusman mengatakan, Tahun Baru Islam harus dijadikan momentum bagi seluruh umat manusia di muka bumi khususnya umat Islam, untuk berintrospeksi diri menjadi umat yang lebih baik dari segala aspek apa pun profesinya. “Tahun Baru Islam ini dapat kita jadikan introspeksi diri, agar menjadi pribadi yang lebih baik untuk membangun silaturahmi dan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan kita agar kita dapat bersama sama, membangun Kabupaten Muna, lebih maju dan sejahtera,” kata Rusmansambil melepas ribuan kafilah yang mengikuti pawai taaruf.

Kegiatan ini diiikuti oleh SD, SMP, SMA, Pondok Pesantren di Kota Raha. Kemudian majelis taqlim, PKK, 33 barisan OPD lingkup Pemkab Muna, TPQ SD, SMP dan SMA, dan khafilah dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Muna. Ribuan peserta ini tampil berbusana muslim dan pakaian adat Muna.

Sehari sebelumnya, Pemkab Muna juga menggelar kegiatan zikir dan doa bersama yang dipusatkan di Masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat. Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru 1 Muharam 1440 H. Acara zikir dan doa bersama ini dihadiri Bupati Muna dan istri Sekda Muna, para kepala OPD lingkup Pemkab Muna, serta diiikuti ratusan masyarakat Kota Raha. Kegiatan ini berlangsung usai Salat Asar hingga pukul 17.30. (r1)

To Top