Beranda

Jelang Pilpres dan Pilcaleg, Sulkarnain Ajak OPD Pemkot Kendari Jaga Kondusifitas

KENDARI, BKK – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain, mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahannya untuk senantiasa menjaga kondusifitas jelang Pemilihan Presiden (Pilpres)  dan Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) 2019.

“Makanya saya mengingatkan seluruh jajaran saya untuk selalu mewaspadai berbagai potensi konflik. Sebab, potensi tersebut bisa saja terjadi saat pelaksanaan pesta demokrasi nanti,” ungkap Sulkarnain, Senin (10/9).

Dikatakannya, konflik yang perlu diwaspadai utamanya yang menyangkut konflik horizontal dengan mengangkat sentimen primordial, seperti mempertentangkan perbedaan, suku dan agama.

“Semua peluang konflik tersebut, perlu kita cegah secara dini di Kota Kendari. Makanya saya meminta seluruh OPD, forkopimda, camat, lurah, serta tokoh masyarakat untuk menjaga kondusifitas,” pinta Sulkarnain.

Selain itu, Sulkarnain mengajak seluruh OPD di Pemkot Kendari untuk senantiasa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan tupoksinya dalam menjaga kerukunan dan menjaga nilai-nilai Kebhinekaan.

Kepada pihak terkait, lanjutnya, ia meminta untuk bergerak secara cepat jika terjadi konflik agar tidak berlarut dan menjadi besar.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya akan berupaya untuk menjaga kondusifitas di Kota Kendari. Khususnya dalam pilpres dan pilcaleg nanti.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan memfasilitasi rapat persiapan pilpres yang dilangsungkan di Ruang Pola Senin kemarin,” tandasnya.

Dengan harapan, tambahnya, seluruh stakeholder terkait, untuk berperan aktif dalam menjaga kondusifitas dan ketentraman masyarakat khususnya di Kota Kendari. (cr6/nur)

To Top