Lingkar Sultra

Potensi Batu Kapur di Muna Jutaan Ton

RAHA, BKK- Potensi tambang batu kapur di Kabupaten Muna kini mulai dilirik sejumlah  investor di antaranya PT Lakarinta Meleura Sejahtera dan PT Bintang Rohi. Batu kapur, atau batu gamping terbentuk dari proses endapan yang tersusun oleh kalsium karbonat (CaCO3) dalam bentuk mineral kalsit. Batu yang paling sering terbentuk di perairan laut dangkal itu sangat berguna untuk memisahkan bahan mentah nikel dengan tanah.

Beberapa waktu lalu, Kabid Penyelenggara Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten Muna, La Ode Sakara mengatakan, perusahaan yang melirik potensi tambang batu kapur di Muna ini yaitu  PT Bintang Rohi sudah mulai beroperasi di Desa Oempu (Labora), Kecamatan Tongkuno. Sedangkan PT Lakarinta Meleura Sejahtera sejak 2017 lalu, izin prinsipnya sudah dikeluarkan Pemprov Sultra.

Berkait penambangan batu kapur ini, menurut Sakara, semua izin prosedur sudah dipenuhi. “Kalau untuk di Muna, kita cuma mengeluarkan Wilayah Izin Usaha (WIU) dan kita sudah lakukan itu. Jadi mereka tinggal action saja,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Bupati Muna LM Rusman Emba ST saat dikonfirmasi masalah potensi batu kapur di Muna yang mulai dilirik sejumlah investor ini menjelaskan, potensi tambang batu kapur di Muna mencapai jutaan ton. Hal ini tidak dapat dihindari karena bersifat produktivitas. “Bicara harga batu kapur itu sama dengan harga nikel. Potensi batu kapur ini akan kita jadikan industri andalan di Muna untuk meningkatkan PAD kita. Tetapi semangatnya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata Rusman, Sabtu (11/8).

Rusman menambahkan, lokasi batu.kapur di Muna tersebar pada beberapa tempat di antaranya di Kecamatan Loghia, Desa Oempu Kecamatan Tongkono, dan kampung Lama . “Masalah penambangan batu kapur ini akan kita atur mekanismenya. Bicara potensi batu kapur di Sultra, Muna adalah terbesar. Pemprov Sultra sudah sampaikan hal ini. Artinya kalau bicara potensi batu kapur, Muna menjadi andalan di Sultra,” jelasnya. (r1)

To Top