Lingkar Sultra

Porprov, Kolut Akan Ikuti Semua Cabor

Ketua Harian KONI Kolaka Utara, H Abbas SE. (FOTO: MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) optimis akan mengikutkan semua atlet di 32 cabang olahraga (cabor) pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII Sulawesi Tenggara yang akan digelar di Kabupaten Kolaka.

Ketua Harian KONI Kolut, H Abbas mengatakan dari 32 Cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov ke-13, pihaknya telah menyiapkan atlet untuk mengisi semua cabor tersebut. “Semua cabor di Porprov harus diisi. Saat ini KONI telah meminta semua cabor untuk melakukan seleksi atlet,” kata Abbas, Minggu (12/8).

Menurut Abbas, KONI telah menyiapkan anggaran untuk setiap cabor mulai dari kebutuhan peralatan, seleksi atlet, sampai dengan pelatihan. Sehingga cabor yang melakukan seleksi diharapkan untuk melaporkan perkembangan atlet dan kesiapannya.

“Kami telah sampaikan pada semua Ketua Cabor untuk serius dalam melakukan semua tahapan kegiatan persiapan Porprov, sebab anggaran yang digunakan dalam Porprov merupakan uang rakyat,” jelas Wakil Bupati Kolut ini.

KONI, lanjut dia, telah meminta semua cabor untuk membuka rekening agar setiap anggaran yang dibutuhkan langsung dimasukkan dan dikelola setiap cabor. Ini juga untuk mengantisipasi penyelewengan anggaran.

“Setiap sen anggaran Porprov harus dipertanggungjawabkan, tidak ada lagi anggaran disunat untuk kepentingan di luar kegiatan Porprov,” tegas Abbas.

Dia menambahkan, semua kebutuhan cabor telah diserahkan untuk dijaga dan dirawat setiap pengurus cabor. Namun, semua barang inventaris KONI harus dijaga dan tidak boleh hilang.

“Kalau rusak pasti akan KONI ganti, namun kalau barang tersebut hilang, maka setiap pengurus cabor harus bertanggung jawab,” imbuh mantan anggota DPRD ini.

Cabang olahraga yang telah ditetapkan, yakni tinju, bola voli, sepak bola, renang, atletik, basket, bulu tangkis, balap sepeda, softball,  golf, gulat, karate, dayung, menembak, tenis meja, taekwondo, tenis, sepak takraw, silat, wushu, bridge, catur, biliar, kempo, balap motor, muathay, panjat tebing, angkat berat, petangq dan geteball, panahan, dan selam. (cr11)

To Top