Lingkar Sultra

Pilkada Berjalan Damai, Gelar Silaturahmi Kebangsaan

Suasana Silaturahmi Kebangsaan Tokoh Sultra. (FOTO: NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama sejumlah stakeholder terkait yakni Kepolisian Daerah (Polda) Sultra, Danrem 143/HO, dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sultra, menggelar silaturahmi kebangsaan tokoh Sultra yang bertajuk ‘Merajut Kebhinekaan Mewariskan Persaudaraan dan Menjaga NKRI’ di Hotel Grand Clarion, Sabtu (11/8).

Ketua FKPT Sultra, Drs H Muslim Msi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi setelah Ramadan, sekaligus sebagai tanda syukur karena telah melalui pemilihan kepala daerah (pilkada) belum lama ini yang berjalan damai.

“Kita harapkan di setiap kegiatan atau pun agenda-agenda yang kita lakukan ke depan meskipun kita beda visi dan walaupun kita beda pilihan, tetapi kita harus tetap bersama dan tidak harus ada gonto-gontokan dan saling menyalahkan,” ujar Muslim.

Karena itu, lanjutnya, kegiatan ini bermaksud untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menghargai dan memaknai kebhinekaan sebagai suatu rahmat.

“Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari seluruh unsur agama. Selain itu tokoh Sultra dan instansi terkait semua kita undang,” paparnya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sultra, H Hamid mengatakan, untuk merajut kebhinekaan ada empat bingkai yakni bingkai konsensus yang terdiri dari empat pilar kebangsaan, bingkai sosiologis yang di dalamnya ada kearifan lokal atau di Kota Kendari dikenal dengan kalosara, bingkai ideologis, dan bingkai yuridis.

“Dalam mengamalkan ajaran agama harus selalu menjaga kerukunan,” jelas Hamid.

Dikatakannya, pemerintah berperan sebagai wasit dan mengontrol pengamalan agama di ruang publik agar persaudaraan tetap berjalan baik. (cr6/nur)

To Top