Suksesi

Lima Bacaleg DPRD Kota Kendari Dinyatakan TMS

KENDARI, BKK – Sebnayak lima bakal calon legislatif (bacaleg) dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) berdasarkan hali verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

Lima bacaleg tersebut bersal dari tiga partai politik (parpol) berbeda. Yaitu tiga bacaleg Partai Berkarya, serta masing-masing satu orang dari Partai Garuda dan Partai Perindo.

Demikian diungkapkan Komisioner KPU Kota Kendari Asril saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (12/8).

“Selain lima bacaleg ini, semua kita nyatakan MS (memenuhi syarat),” terangnya.

Asril menjelaskan, bacaleg Partai Berkarya dan Partai Garuda dinyatakan TMS karena tidak melakukan perbaikan hingga batas waktu yang telah ditentukan, yakni 31 Juli 2018.

Kondisi demikian, sebut dia, mengakubatkan Partai Berkarya tidak memiliki bacaleg di Daerah Pemilihan (Dapil) Poasia-Abeli.

“Dari enam kuota yang ada, Partai Berkarya hanya mengusul tiga bacaleg-nya. Dan, tiga bacaleg-nya tersebut kami nyatakan TMS,” jelasnya.

Asril menambahkan, untuk satu bacaleg Partai Perindo dinyatakan TMS karena memiliki nama yang sama dengan bacaleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Dan, pada masa perbaikan berkas yang bersangkutan telah menarik dokumennya dari Partai Perindo. Sehingga, dia resmi terdaftar sebagai bacaleg PPP.

Lebih lanjut, Asril mengatakan, kini pihaknya telah menumumkan 468 bacaleg masuk dalam daftar calon sementara (DCS).

“Selanjut kita tinggal menunggu waktu untuk ditetpkan sebagai DCP (daftar calon tetap),” pungkasnya. (cr5/man)

To Top