Beranda

Hari Ini, Dewan dan OPD Pemkot Kendari Evaluasi Usulan Program APBD-P

KENDARI, BKK – Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, hari ini, Senin (13/8), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, akan mengevaluasi usulan program yang akan masuk pada program Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan(APBD-P).

Ketua DPRD Kota Kendari, H Samsuddin Rahim mengatakan, setiap OPD akan duduk bersama pihak DPRD sesuai dengan mitra komisinya masing-masing. Misal, komisi I akan duduk bersama OPD bagian hukum dan pemerintahan, kemudian Komisi II akan duduk bersama OPD yang menangani soal ekonomi, dan Komisi III akan duduk bersama OPD bagian pembangunan.

“Setiap komisi memiliki bidangnya masing-masing dan bersama OPD akan membahas mana program usulan yang paling urgent untuk masuk dalam program kerja APBD-P,” terang Samsuddin.

Ia menjelaskan, dalam usulan program APBD-P, tidak semua usulan bisa diambil, sebab anggaran yang tersedia tidak begitu banyak. Untuk itu, evaluasi program yang akan dicanangkan setiap OPD akan diseleksi.

“Kita akan lihat, mana usulan yang memang penting untuk menunjang program kerja APBD induk dan memiliki manfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Untuk komisi I sendiri, pada program APBD-P nanti akan fokus pada penanganan dan pencegahan HIV/AIDS dengan melibatkan tiga OPD seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, dan Dispenda Kota Kendari.

“Ini fokus kita dan akan kita percayakan pada mereka persolan penanganan dan pencegahan HIV/AIDS,” tutup Ketua Komisi I, Subhan ST.(Cr5/nur)

To Top