Beranda

Antisipasi Penyakit Zoonosis, Distan Kendari Ajak Warga Periksa Kesehatan Hewan Kurban

KENDARI, BKK – Guna mengantisipasi penyakit zoonosis pada hewan kurban, Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari mengajak seluruh warga Kota Kendari yang ingin berkurban untuk memeriksakan kesehatan hewan kurbannya.

Kepala Distan Kota Kendari Siti Ganef mengatakan, warga yang akan berkuban di Idul Adha nanti, kiranya bisa melaporkan kepada tim atau petugas Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Distan Kota Kendari.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang hendak berkurban, untuk segera melaporkan apabila menemukan penyakit yang dianggap berbahaya pada hewan kurban,” ujar Ganef nelalui wat WhatsApp pribadinya, Minggu (12/8).

Selain itu, pinta dia, warga yang hendak berkurban atau wajib kurban kiranya bisa melaporkan lokasi dan jumlah hewan kurban di wilayah masing-masing.

“Kami harapkan warga melaporkan ke kami jika ingin berkurban, agar kami bisa melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan,” paparnya.

Hal ini, akunya, sudah disosialisasikan kepada warga Kota Kendari agar daging sapi yang dikurbankan bisa terjaga kesehatannya.

Sementara itu, Dokter Hewan Puskewan Distan Kota Kendari Apriliani mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban sangat penting untuk dilakukan, baik sebelum disembelih maupun sesudah disembelih.

“Maka dari itu kami sangat mengharapkan kepada seluruh warga Kota Kendari yang ingin berkurban, untuk melaporkan kepada kami untuk dilakukan pemeriksaan kepada hewan kurban tersebut,” tuturnya. (cr6/nur)

To Top