Beranda

Utamakan Kenyamanan Pemudik Jelang Idul Adha, Dishub Cek Kendaraan Umum

Sekretaris Dishub Sultra Ardin (Yusril/bkk)

KENDARI, BKK – Arus mudik jelang lebaran Idul Adha biasanya tak sepadat saat Idul Fitri. Namun, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap akan berupaya untuk memastikan kenyamanan perjalanan pemudik nanti.

“Untuk persiapan lebaran ini kami melakukan cek kendaraan angkutan umum untuk kelayakan beroperasi baik itu laut maupun darat,” kata Sekretaris Dishub Sultra Ardin, saat ditemui dikantornya, Kamis (9/8).

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan membentuk pos angkutan baik di terminal maupun pelabuhan penyeberangan dan bekerjasama dengan pihak terkait.

“Kami selalu menyiagakan personel untuk berjaga khususnya di pelabuhan penyeberangan, salah satunya di penyebrangan Amolengo-Labuan. Kita sudah minta kepada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP)

Indonesia Ferry untuk membantu jika terjadi kepadatan pemudik dan kekurangan armada,” jelasnya.

Namun, ia meyakini tidak akan ada kepadatan atau lonjakan penumpang khusunya di pelabuhan penyeberangan sebagai mana yang terjadi saat menjelang lebaran Idul Adha sebelumnya.

Dijelaskannya, membludaknya penumpang di Idul Fitri, disebabkan adanya libur panjang sementara Idul Adha hanya libur sehari.

“Namun kami tetap siaga untuk lonjakan penumpang tersebut,” ungkapnya.

Terkait informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang gelombang tinggi dan curah hujan, Ardin mengimbau kepada seluruh pihak kapal untuk tetap berhati-hati.

“Kalau dilihat cuaca kurang baik lebih baiknya penyeberangan dihentikan karena keselamatan lebih utama,” tandasnya. (m2/nur)

To Top