Lingkar Sultra

Sukseskan Program Pengarusutamaan Gender

Bupati Butur Abu Hasan memberikan sambutan pada acara Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender Buton Utara di Hotel Saraea, Kamis (9/8). (FOTO: DARSO/BKK)

BURANGA, BKK – Bupati Buton Utara, Abu Hasan menekankan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberi ruang kepada perempuan turut serta dan berpartisipasi dalam proses pemerintahan. Orang nomor satu di wilayah paling utara Pulau Buton itu meminta agar Pimpinan OPD mengeluarkan kebijakan yang berprespektif gender dan responsif gender.

Abu Hasan menegaskan, ke depan perempuan Butur jangan hanya bertahan pada zona aman. Tapi, katanya, perempuan Butur bisa menjadi tangguh dan kuat tanpa ada bayang-bayang suami atau kerabat.

Dalam struktur pemerintahan Pemkab Butur saat ini, terang Abu Hasan, telah banyak diisi kaum perempuan. Hal itu membuktikan, perempuan di Butur sudah mulai menunjukkan kesetaraan.

“Mari kita sukseskan Program Pengarusutamaan Gender, karena program ini merupakan program nasional.

Makanya, saya tekankan OPD untuk selalu melibatkan perempuan dalam proses program pemerintahan,” tegas Abu Hasan saat membuka Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender Buton Utara di Hotel Saraea, Kamis (9/8).

Ke depan, sambung mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini, Pemkab Butur akan selalu mengalokasikan anggaran pendidikan bagi generasi Butur. Serta terus mendorong mereka yang berprestasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan pada level yang lebih tinggi.

Abu Hasan mengharapkan, agar masyarakat Butur untuk menghilangkan pola pikir bahwa anak perempuan itu wilayahnya hanya pada ruang domestik saja. Pasalnya, saat ini anak perempuan bisa bersaing dengan laki-laki.

“Hilangkan mindset kalau perempuan tak bisa bersaing dengan laki-laki. Perempuan juga bisa sejajar dengan anak laki-laki dan bisa bersaing dengan laki-laki di wilayah publik,” imbuhnya. (cr10)

To Top