Suksesi

Hasil Verifikasi, KPU Konkep Temukan 23 Data Ganda di Tiga Kecamatan

Ketua KPU Konkep, Iskandar SPd di ruang kerjanya, Kamis (9/8). (FOTO: HUSAIN/BKK)

LANGARA – Setelah melakukan verifikasi data pemilih Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menemukan sebanyak 23 data pemilih ganda di tiga kecamatan yakni Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara dan Wawonii Timur Laut.

Ketua KPU Konkep, Iskandar SPd di ruang kerjanya, Kamis (9/8) mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya meminimalisir data ganda sebelum menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Aplikasi sidalih ini bisa mendeteksi indikasi kegandaan nama, alamat, tanggal lahir dan tahun lahir,” jelasnya.

Meski demikian, katanya, dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pencatatan Sipil (Capil) guna menyelesaikan data ganda yang tersebar di tiga kecamatan tersebut. Tak hanya itu, ia sudah memerintahkan Panitia

Pemungutan Suara (PPS) untuk terus melakukan klarifikasi terkait dengan indikasi kegandaan data di lapangan.

“Berdasarkan hasil klarifikasi di lapangan PPS menemukan, adanya warga yang memiliki lebih dari satu Kartu Tanda Penduduk, kami sudah konfirmasi ke Capil, mereka siap melakukan kerjasama untuk mendeteksi warga yang memiliki KTP ganda,” katanya.

Selanjutnya KPU dan Dinas Capil akan melakukan pertemuan untuk pencocokan data. Jika dalam verifikasi benar-benar ditemukan data ganda maka KPU kata Iskandar akan menghapus data ganda tersebut.

“Ketakutannya jangan sampai warga tersebut memilih lebih dari satu kali dengan TPS yang berbeda dengan menggunakan KTP yang berbeda alamat tapi dengan orang yang sama,” tandasnya. (cr9)

To Top