Beranda

Empat OPD Pemkot Kendari Penyumbang PAD Terbesar di 2017

KENDARI, BKK – Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tercatat berhasil menyerap Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbanyak di 2017 lalu.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, tahun lalu itu total PAD Kota Kendari sebesar Rp 200 miliar.

“Dari total PAD Kota Kendari tersebut, ada empt OPD yang serapan PAD-nya sangat besar yakni kami sendiri (BPPRD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Tata Kota, dan Dinas Penanaman Modal dan (DPMPTSP),” ujar Nahwa ditemui, Kamis (9/8).

Ia merinci, BPPRD Kota Kendari berhasil menyerap PAD sebesar Rp Rp 100 miliar lebih, kemudian disusul dinkes Rp 15 miliar, dinas tata kota Rp 7 miliar, dan DPMPTSP sebesar Rp 6 miliar lebih.

“Setiap OPD diberikan target serapan PAD, yang mana target tersebut disesuaikan dengan potensi pendapatan di masing-masing OPD,” tambahnya.

Menurut Nahwa, target tersebut dimaksudkan agar setiap OPD bisa berusaha dan bekerja dengan optimal untuk mencapinya. Sebab, jika tidak ada target, maka tidak ada motivasi bagi OPD.

“Khusus di BPPRD Kota Kendari targetnya cukup besar, namun bagi saya target itu tidak ada. Sebab yang terpenting bagi saya adalah bekerja dengan transparan atau profesional,” bebernya.(cr6/nur)

To Top