Beranda

Distan Kendari akan Pastikan Hewan Kurban Sehat Fisik

KENDARI, BKK – Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari menegaskan, hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha nanti, fisiknya harus sehat.

“Jika ada hewan kurban yang tidak sehat fisiknya, maka kami hewan tersebut tidak layak untuk dijadikan hewan kurban,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Distan Kota Kendari Murdiantoro, Kamis (9/8).

Ia menyebutkan, kesehatan fisik hewan kurban yang dimaksud yakni seluruh bagian tubuhnya tidak mengalami cedera, mulai dari telinga, mata, kulit, kukuh, dan mulut semuanya harus bagus atau mulus.

“Selain memiliki fisik yang sehat, hewan kurban juga harus berjenis kelamin jantan,” paparnya.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan memberikan informasi kepada seluruh masyarakat dan panitia kurban, bahwa sapi-sapi yang akan dikurbankan harus berfisik sehat dan berjenis kelamin jantan.

“Kami akan memperketat pengawasan terhadap sapi-sapi yang akan dijadikan hewan kurban, agar masyarakat kita bisa mendapatkan daging yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH),” bebernya.

Bahkan, tambahnya, agar menghasilkan daging yang ASUH, hewan kurban harus dipotong sesuai syariat Islam yang telah ditetapkan. (cr6/nur)

To Top