Beranda

Cegah ASN Korupsi, Korpri Kendari Adakan Penyuluhan

KENDARI, BKK – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Kendari, menggelar penyuluhan pencegahan korupsi yang menghadirkan Kordinator Pengawas BPKP Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pejabat (Pj) Sekretaris Kota (Sekot) Kota Kendari Indra Muhamad mengatakan, penyuluhan pencegahan korupsi dilakukan sebagai bentuk komitmen bersama, untuk tidak melakukan hal yang dapat dikategorikan sebagai tindakan korupsi dalam berbagai aktifitas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

“Kita pahami bersama bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pelayan masyarakat, sehingga kita harus mampu mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, trasnparan dan bertanggung jawab dalam berbagai bidang,” ungkap Indra Muhamad, Kamis (9/8).

Kegiatan ini juga, lanjut Indra, berguna agar ASN bisa memahami aturan perundang-undangan atau regulasi berkaitan dengan tugas dan fungsi ASN.

“Kita memiliki aturan perundang-undangan yang mengatur tentang korupsi, nepotisme dan pemberantasan. Salah satunya, Peraturan Presiden No. 55 tahun 2012 tentang strategi nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi,” paparnya.

Ia harap, ASN dapat diberikan pemahaman secara komprehensif. Dengan begitu, mereka bisa menghindari dan tidak melakukan hal yang dapat dikategorikan sebagai tindak pidana korupsi.

“Selain itu, pemahaman yang diperoleh juga dapat ditularkan kepada ASN instansi masing-masing, sehingga dapat terbangun pemahaman dan langkah yang sama dalam pencegahan tindakan yang mengarah ke perbuatan korupsi,” bebernya.

Sementara, Sekretaris Korpri Kota Kendari Amir Mahmud Moita mengatakan, acara penyuluhan pencegahan korupsi ini diharapkan dapat menjadikan integritas dan kinerja ASN anggota Korpri lingkup Kota Kendari semakin berkualitas dan dapat dibanggakan.

“Apalagi saat ini, sudah diberlakukan regulasi dan khusunya masalah pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang Nomor 31 tahun 1999,” tutupnya. (cr6/nur)

To Top