Bisnis & Ekonomi

BI Edukasi Pelajar Tingkatkan Pemahaman Melalui BI Mengajar


Suasana Bank Indonesia Mengajar kepada siswa-siswi SMAN 4 Kendari. (Foto: RIA/BKK)

KENDARI, BKK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar program BI Mengajar yang dilaksanakan di ruangan Laboratorium Sekolah Menengah Atas (SMA) 4 Kendari. Mengusung tema “Mengenal Lebih Dekat Peran Bank Sentral dalam Perekonomian Nasional” turut dihadiri sekitar 80 siswa dan siswi.

Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, Irfan Farulian mengatakan, kegiatan mengajar ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) BI dan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di semua Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPDN).

“Tujuan BI melakukan edukasi kesemua masyarakat dan golongan khususnya pelajar SMA, mahasiswa, organisasi kemahasiswaan, supaya lebih mengenal BI karena sampai saat ini masih banyak yang belum banyak mengetahui BI, tugas BI, tujuannya BI itu apa, sehingga dengan kegiatan seperti ini BI lebih dikenal,” ungkapnya yang ditemui usai kegiatan, Kamis (9/8).

Di usia dini pelajar SMA ini adalah masa transisi ke perguruan tinggi, kalau mereka sudah mengenal BI mungkin ada keterkaitan bahwa BI seperti ini, mungkin para pelajar ini berkeinginan bergabung dengan BI. Sehingga BI bisa menjadi rujukan untuk anak-anak SMA khususnya.

Materi yang disampaikan seputar edukasi kebangsentralan, seperti tentang sejarah BI, kegiatan yang dilakukan BI, pengenalan mata uang rupiah, Fungsi BI, dan lainnya. Kegiatan ini dilakukan serentak di kantor perwakilan, bahkan tahun lalu kantor perwakilan di luar negeri pun yang ada di Tokyo, Singapura, New York, dan London, melakukan bersama.

“Melihat pengetahuan pelajar SMAN 4 Kendari sangat bagus, karena pengetahuan mereka tentang BI luar biasa, saya sampai kaget memberikan pertanyaan dan langsung spontan mereka menjawab, terkait krisis moneter, mengenali mata uang rupiah dan sebagainya,” jelasnya.

Harapannya, dalam kegiatan ini BI lebih dikenal oleh masyarakat luas dan lebih mengetahui tugas BI karena masih banyak masyarakat BI disamakan dengan bank umum. (m3)

To Top