Pendidikan

Bantu Korban Gempa di Lombok, UHO Turunkan Tim Medis

Pelepasan tim medis FK UHO oleh Rektor UHO, Kamis (9/8). (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) mengirim tim tenaga medis untuk membantu korban gempa bumi di Wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun F SSi MSi MSc yang melepas langsung tim medis itu mengatakan, UHO mempunyai tanggung jawab sosial terhadap masalah-masalah sosial. Salah satunya seperti bencana alam yang terjadi di Lombok itu.

“Paling tidak, UHO dapat berkontribusi membantu saudara-saudara kita di sana,” ujar Zamrun usai melakukan pelepasan tim tenaga medis tersebut, Kamis (9/8), di ruang rapat pimpinan rektorat lantai empat.

Zamrun menuturkan, dukungan UHO terhadap aksi-aksi bencana selalu diutamakan. Hal tersebut sejalan dengan komitmen rektor seluruh perguruan tinggi, terutama yang mempunyai FK.

“UHO sendiri mengirimkan tim-tim untuk kondisi yang paling urgen terhadap bencana alam tersebut yakni salah satunya yang berhubungan dengan kesehatan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, ke depannya UHO juga akan membentuk tim siaga bencana dengan tujuan agar nantinya bila terjadi musibah, tim tersebut bisa langsung turun ke lokasi kejadian.

Sementara itu, koordinator pemberangkatan tim medis UHO ke Lombok, dr Ashaeryanto M MedEd menuturkan, dalam kegiatan sosial ini pihaknya menurunkan lima dokter dan satu perawat kamar operasi.

“Tim dokter tersebut terdiri dari dua dokter umum, dua dokter ortopedi/ahli patah tulang dan satu dokter anastesi/ahli bius,” ujarnya.

Katanya, pihaknya memprioritaskan dokter ahli tulang, disebabkan menurut laporan sebagian besar korban gempa mengalami 300 kasus patah tulang yang kini membutuhkan operasi.

“Saya berharap, dengan berangkatnya kami sebagai tim medis FK UHO ini, bisa memberikan bantuan bagi korban gempa bumi di Lombok. Tentunya dengan kemampuan yang kami miliki dapat membantu kasus-kasus patah tulang yang ada di sana,” pungkasnya. (m1/nur)

To Top