Lingkar Sultra

Atasi Sampah, BLH Libatkan Camat, Lurah, dan Kades

RAHA, BKK – Persoalan sampah dalam Kota Raha merupakan persoalan klasik sejak dulu. Tidak adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing masing, membuat Pemerintah Daerah Kabupaten Muna khususnya Badan Lingkungan Hidup (BLH) Muna kewalahan untuk mengatasi persoalan sampah dalam Kota Raha.

Untuk mengatasi persoalan sampah dan kebersihan dalam Kota Raha, Pemkab Muna sudah punya konsep jitu.

“Kalau dulu cuma BLH yang menjadi ujung tombak untuk membersihkan sampah di Kota Raha, Alhamdulillah kini kita sudah melahirkan konsep baru yaitu melibatkan camat, lurah, kades dan masyarakat, yang akan bahu-membahu membersihkan lingkungannya masing-masing,” kata Bupati Muna LM Rusman Emba ST pada sejumlah media di Raha, Kamis (9/8).

Terkait mekanisme kerjanya, kata Rusman, akan diatur oleh camat, lurah, kepala desa pada masing-masing lingkungannya. “Sistem kerjanya, mereka akan berkoordinasi dengan BLH. Tentunya dimulai dari lingkungan masing-masing. Dengan cara menjaga kebersihan lingkungan bersama ini, saya harap persoalan kebersihan dan sampah di Muna bisa diatasi,” kata mantan anggota DPD RI ini optimis. (r1)

To Top