Suksesi

291 Bacaleg Berebut 25 Kursi Dewan Kolut

Sumardin Pere. (FOTO: MANSIRAL/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara (Kolut) telah memastikan ada 12 partai politik (parpol) yang akan berkompetisi pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang.

Akumulasi bakal calon legislatif (bacaleg) dari 12 ini yaitu sebanyak 291 orang. Mereka akan memperebutkan 25 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolut.

Kordinator Divisi Teknis KPU Kolut Sumardin Pere mengatakan, selain ada empat parpol yang sama sekali tidak mendaftarkan bacaleg, dari 12 parpol itu tidak semua mengisi kuota caleg pada beberapa daerah pemilihan (dapil).

“10 parpol penuh memasukan bacalegnya. PKS mendaftrakan 24 bacaleg, Partai Nasdem 18 bacaleg,” terangnya, Selasa (7/8).

Sumardin mengungkapkan, pihaknya baru saja selesai melakukan verifikasi berkas semua bacaleg.

“Sesui jadwal, perbaikan berkas dimulai 22 sampai 31 Juli 2018,” katanya.

Dia meminta, semua calon dalam melakukan perbaikan administrasi untuk mengedepakan kejujuran dan data riil.

Menurut Sumardin, meskipun dalam verifikasi tidak menemukan berkas scan, namun ada tanggapan atau aduan masyarakat bahwa salah satu bacaleg masih menerimah gaji dari sumber dari negara. Jika terbukti, dia memastikan, orang tersebut pasti akan dicoret dari bacaleg.

“Mari kita jujur, apabila DCT (daftar calon tetap) sudah keluar dan ditemukan adanya caleg yang memalsukan dokumennya akan dikeluarkan. Caleg yang diketahui memalsukan dokumenya dapat di pidana,” pungkas Sumardin.

Berikut 12 parpol yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Kolut. Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Persatuan Indnesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar.

Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (cr11/man)

To Top