Beranda

PDAM Kendari Jamin Kualitas Airnya Bagus

Irawansyah. (NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari terus berupaya agar air yang dihasilkan untuk dikonsumsi warga tetap berkualitas baik. Uji bakteriologis dan kimiawi terus dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari.

Kepala Bagian (Kabag) Tehnis PDAM Kendari Irawansyah mengatakan, untuk menjaga kualitas air di PDAM Kota Kendari itu rutin dilakukan sesuai aturan-aturan yang mengikat.

“Yakni pemeriksaan air secara internal dan eksternal. Pemeriksaan air secara internal itu dilakukan oleh PDAM sendiri dengan alat-alat yang ada, sedangkan untuk pemeriksaan ekternal kami sudah menjalin kerjasama dengan Dinkes Kota Kendari,” ungkap Irawansyah ditemui, Senin (6/8).

Dikatakannya, pemeriksaan yang dilakukan Dinkes Kendari untuk memastikan air tersebut layak dikonsumsi hingga kini rutin dilakukan setiap bulannya.

“Bahkan, dari beberapa sumber air di PDAM Kota Kendari telah memiliki instalasi pengolahan air (IPA). Jadi dalam IPA tersebut kita olah untuk mendapatkan air bersih yang sesuai standar dari Dinkes Kota Kendari,” jelasnya.

Ia menyebutkan, sejauh ini pihaknya telah memiliki IPA untuk pengaliran di Pohara, IPA yang ada di Baruga, dan IPA yang ada di unit Wanggu.

“Di semua IPA yang kami miliki tersebut kita proses beberapa kali di sistem pengolahan dengan menggunakan bahan kimia agar bisa menghasilkan air yang bersih,” bebernya.

Ia pun meyakini, air yang dihasilkan PDAM Kendari sudah sesuai standar dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 495 Tahun 2010 tentang kualitas air.

Terkait masih adanya air keruh yang kadang mengalir ke rumah warga, tambahnya, itu disebabkan adanya pipa yang bocor yang kadang tidak terjangkau dan tidak nampak.

“Makanya kami sangat harapkan kepada warga Kota Kendari untuk menginformasikan segera ke kami jika menemukan atau mendapatkan pipa kami yang bocor, agar kami cepat menanganinya,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di sumber air PDAM Kendari, semua memenuhi syarat kesehatan. Baik dari bakteriologis maupun kimiawinya.

“Dari pemeriksaan di semua sumber air PDAM Kendari semuanya normal, cuman yang menjadi permasalahannya di tatanan rumah tangga ada beberapa yang memang kurang memenuhi syarat kesehatan.Itu bisa saja kita maklumi karena pipanya bocor,” terang Rahminingrum.

Namun, tambahnya, jika air dari PDAM Kota Kendari akan digunakan untuk air minum, kiranya dimasak dengan benar atau betul-betul mendidih baru dikonsumsi. (cr6/nur)

To Top