Beranda

Tahanan dan Petugas Klas IIA Kendari Senam Poco-poco Bersama

Suasana  senam poco-poco bersama antara tahanan dan petugas di Lapas Klas IIA Kendari, Minggu (5/8). (YUSRIL/BKK)

KENDARI, BKK – Senam Poco-poco Nusantara dalam rangka pemecahan record dunia  2018, Minggu (5/8), ikut diramaikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Klas IIA Kendari  bersama Lapas Perempuan Kelas III Kendari dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Kendari.

Senam poco-poco ini dilaksanakan di Lapangan Lapas Klas IIA Kendari, diikuti  para warga binaan baik tahanan maupun narapidana serta para petugas lapas tersebut.

Kepala Lapas Klas IIA Kendari Otong Gunarso mengatakan, senam poco-poco ini dilaksanakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

“Jadi kegiatan ini kami mengikuti semua dan memang wajib diikuti oleh seluruh lapas dan rutan seluruh Indonesia. Ada 710 unit pelaksana teknis yang mengikuti kegiatan ini untuk memecahkan rekor dunia panduan dari Radio Republik Indonesia (RRI) yang disinyalkan oleh Kemenpora,” kata Otong saat ditemui usai Senam.

Adapun jumlah peserta senam, lanjut dia, yakni sebanyak 105 orang. Seharusnya, peserta berjumlah 200 orang namun lapangan yang digunakan sempit, sehingga pesertanya dikurangi.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Perempuan Klas III Kendari, Rita Ribawati menyambut baik kegiatan ini karena dapat menyehatkan jasmani dan menjaga kebugaran tubuh para narapidana (napi).

“Insya Allah ini akan kita laksanakan seminggu sekali karena senam poco-poco ini sudah nasional bukan daerah lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra, Sofyan mengaku bangga atas keikutsertaan lapas dan rutan dalam senam nusantara ini.

“Saya berharap ini terus diberdayakan sebagai wujud kecintaan kita terhadap kelestarian budaya bangsa. Ke depan bukan hanya warga binaan saja tetapi seluruh pegawai juga paham semua dan Insya Allah suatu saat akan saya lombakan semua UPT di Sultra,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top